PENENTUAN PRIORITAS PENGENDALIAN PERSEDIAAN PADA INDUSTRI XYZ MENGGUNAKAN KLASIFIKASI ABC

Rahmadini Payla Juarsa, Ariandini Simalongo, Shiva Ainda Firdaus, Gilbert Ernest Siburian

Abstract


Industri XYZ merupakan sebuah usaha mikro kecil dan menengah yang memproduksi bermacam olahan untuk sarapan pagi. Produk yang dihasilkan adalah mi kuning, lontong daun, lontong plastik, tahu goreng, dan bumbu kacang. Industri XYZ tidak memiliki sistem dalam melakukan prioritas pengendalian persediaan. Akibatnya sering kali industri mengalami kekurang stok di waktu permintaan tinggi dan mengalami kelebihan stok saat permintaan rendah. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi produk dengan metode klasifikasi ABC sehingga didapatkan kelas produk yang memerlukan perhatian khusus agar tidak terjadinya kekurangan atau kelebihan persediaan. Klasifikasi ABC adalah metode pengklasifikasian objek berdasarkan nilai keuntungannya. Produk yang memiliki nilai keuntungan lebih besar akan diprioritaskan paling tinggi untuk selalu siap diproduksi dan stoknya selalu ada. Penelitian ini menggunakan data jumlah penjualan dan harga produk pada industri XYZ pada tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mie kuning dan lontong daun termasuk kedalam kelas A, lontong plastik termasuk dalam kelas B, dan tahu goreng serta bumbu kacang termasuk dalam kelas C. Produk yang termasuk ke dalam kelas A perlu mendapatkan prioritas tinggi karena memiliki kontribusi lebih besar dari 75% dari total keuntungan industri. Sedangkan produk yang termasuk kelas B mendapatkan prioritas sedang dan produk dalam kelas C mendapatkan prioritas rendah untuk dilakukan pengendalian persediaan.

Keywords


klasifikasi ABC; penentuan prioritas; pengendalian persediaan

References


Ahyadi, H., & Khodijah, S. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Suku Cadang Pesawat B737-NG dengan Pendekatan Model Periodic Review Di PT. X. BINA TEKNIKA, 13(1), 47–58.

Chatisa, I., Muslim, I., & Sari, R. P. (2019). Implementasi Metode Klasifikasi ABC pada Warehouse Management System PT. Cakrawala Tunggal Sejahtera. Politeknik Caltex Riau, 8(2), 123–134.

Goldiantero, Z., Rif’ah Mega Inayati, & Sodikin, I. (2020). Pengelompokan Bahan Baku Menggunakan Klasifikasi ABC dan Optimalisasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Min-Max Stock. Jurnal REKAVASI, 8(2), 23–28.

Hawari, A., Muslim, I., & Fitrisia, Y. (2018). Sistem Informasi Penjualan dan Pengendalian Persediaan Dengan Klasifikasi ABC Pada Toko XYZ. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI-10), 1, 282–288.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (Charles L. (2017). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management (Vol. 8).

Megawati, E., Pradesi, J., Khabibah, D. Z., Firman, D., & Ekoanindiyo, A. (2021). Pendekatan Metode ABC Pada Toko X untuk Pengendalian Persediaan Barang. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 20(02), 156–165.

Muhtadi, M. F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 14–25.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi, 59(1), 1–18.

Parulian Simatupang, W. (2022). Pengendalian Bahan Baku Flavor Menggunakan Klasifikasi ABC-FSN dan Periodic Review Method untuk Menentukan Tingkat Persediaan Optimum. Sigma Teknika, 5(1), 39–046.

Pratiwi, D. N., & Saifudin. (2021). Penerapan Metode Analisis ABC dalam Pengendalian Persedian Bahan Baku pada PT. Dyriana (Cabang Gatot Subroto). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 60–75. http://journals.usm.ac.id/index.php/solusi

Rahmatulloh, N., Putra, C. G. G., & Arifin, J. (2022). Analisis Penerapan Metode Klasifikasi ABC dan EOQ Pada Persediaan Bahan Baku di UKM Semprong Amoundy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(4), 93–103.

Sakinah, G. N., & Herdiani, L. (2021). Pengendalian Persediaan Spare Part Dengan Metode Klasifikasi ABC Pada Perum Damri Cabang Bandung. TIARSIE, 18(2), 61–67.

Sofiana, A., & Ahmad Tasdiqul Haq, D. (2020). Pengendalian Persediaan Insert Tools dengan Metode Economic Order Quantity dan Klasifikasi ABC. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 39–47. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2174

Tjahyono, E. (2018). Analisa Penyebab dan Upaya Mengurangi Lost Sales yang Terjadi di PT Emaro Online Indonesia. Jurnal Titra, 6(2), 215–222.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sagu.22.2.p.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sagu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Sagu telah diindeks oleh: